ALT/TEXT GAMBAR
ALT/TEXT GAMBAR
Minggu, 04 November 2012 | By: Melajah™

Mempercantik Blog dengan Kreatif


Blog merupakan diary “online” yang banyak dimanfaatkan untuk menulis aktiftas atau tema apapun dari para blogger. Selain menulis di blog, para blogger juga senang mempercantik blog mereka. Hal ini dimaksudkan agar para pengunjung tidak merasa bosan atau jenuh dengan tampilan blog mereka. Sehingga mereka berusaha untuk menampilkan blog yang lebih fresh, kreatif dan menarik.
Mempercantik blog tidak hanya dilakukan oleh para blogger untuk mempertahankan pengunjung setia mereka. Namun juga sebagai salah satu daya tarik pengunjung baru. Dengan menambahkan widget baru yang kreatif dan lucu sudah menambah warna baru bagi blog mereka.

Menambahkan Widget 


Salah satu cara untuk mempercantik blog adalah dengan menambahkan widget yang kreatif. Caranya cukup mudah untuk menambahkan widget ini pada blog Anda. Cukup pilih widget yang Anda inginkan lalu copy dan paste script yang disediakan ke blog Anda. Beberapa widget yang bisa Anda dapatkan secara gratis sebagai berikut ini:
  • Widget Video. Menambahkan widget video yang masih berhubungan dengan tulisan blog Anda. Misal tulisan Anda bertemakan olahraga, maka video yang akan ditampilkan adalah tentang olahraga. Widget ini bisa Anda temukan di www.blinkx.com
  • Widget Waktu. Widget waktu banyak menjadi pilihan para blogger untuk mempercantik blog mereka. Bagaimana tidak, desain bentuk jam yang unik dan lucu seperti bentuk buah, binatang, digital, analog atau bentuk lain menjadi daya tarik tersendiri. Widget ini bisa Anda dapatkan di www.clocklink.com
  • Widget Statistik. Bagi Anda yang ingin mengetahui sudah berapa pengunjung blog Anda, widget ini bisa Anda manfaatkan. Anda dapat melihat statistik data pengunjung hari ini, kemarin, dan lokasi mereka mengakses blog Anda. Widget ini bisa diperoleh di www.sitemeter.com
  • Widget Peta. Bila Anda ingin pengunjung tahu keberadaan Anda, maka Anda bisa memilih widget ini. Widget ini akan menunjukkan lokasi Anda pada pengunjung Anda. Anda juga dapat menemukan blog yang lokasinya sama dengan Anda dan Anda bisa mendapatkan berita lokal sesuai dengan lokasi Anda. Widget ini bisa Anda dapatkan di www. feedmap.net
  • Widget Animasi. Bila blog Anda ingin dihiasi dengan animasi berupa teks atau gambar Anda bisa memilih widget ini. Anda bisa memilih teks atau gambar animasi menarik berdasarkan kategori yang telah disediakan. Widget ini bisa Anda temukan di www.myniceprofile.com
  • Widget Lainnya. Bila Anda masih belum merasa cukup dengan widget yang disebutkan sebelumnya, Anda bisa memilih widget yang diinginkan di www.widgetbox.com. Di situs tersebut menyediakan segudang widget untuk Anda pilih sesuai dengan kategori blog Anda.

Mengganti Themes Blog

Cara lainnya untuk mempercantik blog Anda adalah dengan mengganti themes blog Anda. Saat ini banyak pilihan themes menarik dan unik yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Anda bisa mencarinya di google dengan kata kunci “themes blog” atau “free blog themes” atau yang lain.
Misalnya saja pada web www.bloggertemplatesfree.com , ada banyak pilihan themes yang Anda bisa pilih sesuai dengan tema dari blog Anda. Selain sesuai dengan tema blog juga mungkin ada yang sesuai dengan selera anda.
Silahkan berkreasi dengan tema-tema yang anda sukai. Namun ada baiknya memilih tema juga perlu pertimbangan. Hendaknya memilih tema yang bagus dan sesuai selera tetapi tulisan tetap bisa dibaca oleh orang lain.
Jangan sampai membuat bagus tampilan blog tapi tulisan dalam blog tidak terbaca. Hendaknya menghindari hal yang seperti itu. Hal yang seperti itu akan merugikan blog anda karena tulisan anda tidak mampu terbaca oleh orang lain. Al hasil, sudah repot-repot nulis dengan tujuan di share dengan banyak orang jadi ga kebaca. Sungguh sayang sekali bukan?

Hal yang perlu diperhatikan

Selain mempercantik tampilan dari blog juga harus diperhatikan hal lain. Hal yang mampu memberikan kesan positif ketika berkunjung ke blog yang telah dibuat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat blog, antara lain sebagai berikut.

1. Tulisan yang Berbobot

Blog merupakan media yang digunakan oleh seseorang untuk menuliskan apa yang ingin dituliskan ke dalam dunia maya atau dunia internet. Tulisan yang dituliskan dalam sebuah blog bisa mengenai apa saja. Tulisa tersebut bisa mengenai masakan atau resep, berbagai macam gaget, tips dan trik, serta berbagai macam tulisan lainnya yang ingin ditulis.
Dalam menuliskannya tersebut perhatikanlah bobot dari tulisan. Bobot yang dimaksud bukan berarti tulisan haruslah seperti sebuah karya ilmiah yang memiliki gaya bahasa dan struktur yang akademis.
Tulisan yang berbobot adalah tulisan yang mampu memberikan manfaat bagi orang lain. Dengan menuliskan hal yang bermanfaat bagi orang lain maka orang tidak akan segan memberikan reward (hadiah) dengan terus membaca blog yang telah anda baca.
Blog tersebut pasti akan selalu dikunjungi karena banyak sekali manfaat yang didapatkan dari blog tersebut. Manfaat yang diperoleh bisa berupa manfaat praktis atau hanya sekedar motovasi diri. Asalkan memberikan manfaat maka tulisan anda akan berarti bagi orang lain. Dan orang lain pun akan senantiasa setia mengambil manfaat tersebut dengan selalu berkunjung untuk membaca tulisan pada blog anda.

2. Tulisan yang Rapi

Perihal tulisan yang rapi biasa dikenal dengan sebutan layout. Layout atau menata tampilan yang ada pada blog adalah sebuah kewajiban yang lain yang harus juga diperhatikan.
Menulis di blog hampir sama dengan menulis di sebuah kertas atau buku. Jika tulisan yang ada secara fisik memiliki tampilan yang kurang sedap untuk dipandang maka orang pun tidak akan mau untuk membaca lama-lama.
Kejenuhan yang dialami oleh matalah yang membuat orang tidak mau membaca. Walalupun sebenarnya isi dari tulisan tersebut sangat bagus, tetapi karena tulisannya kurang bisa dan enak dibaca mata maka jangan heran orang tidak betah berlama-lama membaca.
Sebagai sebuah contoh adalah tulisan seorang dokter, bukan bermaksud untuk menyudutkan profesi seorang dokter, dalam menulis resep. Walaupun tulisannya yang secara umum tidak bisa diibaca oleh semua orang tetapi masih juga berguna atau dicari. Hal tersebut memang sudah pasti dicari banyak orang karena menyangkut nasib nyawa seseorang.
Tulisan tersebut sangat bermanfaat dan hanya satu resep. Bagaimana jika tulisan seorang dokter dijadikan dalam sebuah cerpen atau novel. Pasti tidak terbayang bagaimana susahnya untuk membacanya.
Sama dengan sebuah tulisan yang akan kita tulis dalam sebuah blog. Tulisan yang telah ditulis hendaknya diatur dengan rapi. Baik rapi secara tulisan maupun rapi untuk enak dibaca.
Tulisan yang enak dibaca dilihat dari segi kerapian adalah tulisan yang tidak terlalu memanjang. Sebagai contoh adalah tulisan yang ada pada koran atau tabloid. Silahkan dicontoh gaya layotu tulisan yang biasa ada pada media tersebut. Pastinya tulisan anda akan semakin enak dibaca dan semakin banyak yang berkunjung ke blog anda.

3. Membuat link

Membuat link dalam tulisan yang ada pada artikel dalam blog anda memiliki manfaat yang penting bagi blog anda. Dengan adanya link tersebut maka kemungkinan orang untuk membaca tulisan anda yang lainnya yang ada di dalam blog tersebut jadi ikut terbaca.
Seperti ibarat sebuah pepatah, sambil menyelam minum air. Ketika orang datang ke blog dengan tujuan hanya berkunjung pada satu artikel, namun karena ada link dalam artikel tersebut ke artikel lain maka orang akan juga tertarik untuk membaca artikel yang lainnya.
Dengan demikian, kemungkinan untuk terbaca semua tulisan yang ada di dalam blog semakin besar. Jadi jangan lupa untuk membuat link ke tulisan yang lainnya yang ada di dalam blog tersebut.

4. Menentukan Kategori

Buatlah tulisan ke dalam ketegori-kategori yang memudahkan orang utnuk mencari tulsan lain yang sesuai dengan kategori yang dicarinya. Adanya kategori juga akan memungkinkan orang lain untuk membaca tulisan anda yang lainnya.
Tulisan yang mungkin ada di dalam kategori lain yang sedang dicari oleh pembaca. Selain itu, dengan membuat kategori juga akan memudahkan anda dalam membuat tulisan.
Dengan demikian tulisan juga akan semakin rapi dan teratur. Menulipun akan semakin menyenangkan karena tulisan yang ditata dengan teratur dan apik. Pembaca pun juga akan senang dalam membaca setiap tulisan yang ada di dalam blog tersebut.

-->Inget Ya Tinggalkan Comentarnya!!!!!


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Digg
Facebook
Reddit
Feed


Artikel Terkait:

Comments
2 Comments

2 komentar:

galih mengatakan...

Keren BGT Dah .. Artikelnya Ijin Praktek Dolo Ya

Melajah™ mengatakan...

monggo gan....hahahahaha

Posting Komentar

Silahkan saran dan komentarnya agar kami bisa intropeksi !!!